suku bunga deposito
Keuangan

Mengenal Apa Itu Suku Bunga Deposito

Anda pasti pernah mendengar tentang suku bunga deposito, atau orang lebih suka menyebutnya dengan bunga deposito. Tapi apakah Anda mengetahui tentang suku bunga deposito itu sendiri, jika belum, maka ini akan jadi ulasan yang tepat.   

Apa itu suku bunga deposito

Adapun suku bunga deposito adalah sebuah nilai yang akan diberikan oleh pihak bank, pada pada nasabahnya sendiri, sebagai imbalan atas simpanan uang yang dilakukan oleh nasabah tersebut, yang nantinya akan dikembalikan oleh pihak bank pada kemudian hari.

Sedangkan untuk besaran bunga deposito itu sendiri cukup beragam, mulai dari 3% hingga 7%, tergantung kebijaksanaan dari bank itu sendiri. Yang menarik adalah, ada bank yang memberikan nilai suku bunga hingga lebih dari 9%.  

Adapun bunga deposito ini sendiri, biasanya nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan biasa. Bunga yang ditawarkan tersebut, dapat diambil setelah tanggal jatuh tempo. Atau bunga tersebut akan dimasukkan kembali ke dalam pokok deposito, untuk kembali didepositokan lagi, hingga periode berikutnya.

Yang perlu diperhatikan nasabah untuk memperoleh bunga deposito

Untuk memperoleh suku bunga deposito bank tersebut, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pihak nasabah, antara lain :

  1. Untuk memperoleh nilai suku bunga deposito yang menarik, maka pihak nasabah perlu memperhatikan jangka waktu penyimpanan yang akan digunakan. Seperti diketahui bersama, jangka waktu penyimpanan uang deposito ini beragam, mulai dari 1 bulan, 3, 6 atau bahkan 12 bulan. Selama jangka waktu penyimpanan tersebut, maka pihak nasabah tidak boleh mengambil uang tersebut. Jika proses pencairan dilakukan, sebelum jatuh tempo, maka pihak nasabah akan memperoleh penalti.
  2. Dalam hal ini, pihak nasabah juga perlu memperhatikan, bank yang akan digunakan, untuk memperoleh bunga deposito itu sendiri. Tentunya masing-masing bank, mempunyai besaran bunga deposito yang beragam. Seperti yang dijelaskan di atas, besaran bunga deposito yang ditawarkan oleh pihak bank ini sendiri cukup beragam, mula dari 3% bahkan ada yang memberi lebih dari 9%.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa suku bunga deposito atau bunga deposito ini akan jadi tawaran menarik, bagi Anda yang ingin menyimpan dana secara aman, dan tidak mudah diambil dalam jangka waktu tertentu. Kelebihan lainnya adalah, nilai bunga yang akan diperoleh terbilang cukup besar, bahkan lebih besar dibanding bunga tabungan umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *