Ilustrasi rumah
Kredit Perumahan

5 Tips Membeli Rumah KPR yang Wajib Diketahui!

Seiring perkembangan zaman, kita sudah mengetahui harga tanah ataupun properti semakin melambung tinggi. Tentu hal ini perlu disoroti terutama oleh pasangan muda yang berencana ingin memiliki rumah setelah menikah. Terlebih membeli rumah saat ini bisa dilakukan melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun kredit perumahan saat ini pun wajib dilakukan secara cermat dan teliti. Simak tips berikut bagaimana membeli rumah KPR yang sangat disarankan untuk Anda.

Ukur Kemampuan Finansial

Besar cicilan KPR dalam kredit perumahan tentunya wajib disesuaikan berdasarkan kemampuan finansial yang Anda miliki. Anda dapat mengukur kemampuan finansial Anda dengan membuat simulasi cicilan sebelum melakukan akad pinjaman KPR. 

Untuk mengukur apakah keadaan finansial Anda dapat dikatakan mampu untuk melakukan KPR, pastikan besar cicilan tersebut tidak melebihi dari 30% total penghasilan Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyusun daftar-daftar biaya yang harus diantisipasi seperti biaya cicilan KPR per bulan, biaya tambahan, denda akibat telah bayar, dan lain-lain.

Mengecek Kredibilitas Developer

Untuk menghindari terjadinya kasus penipuan, Anda juga mengecek dengan teliti terkait kredibilitas developer perumahan tersebut. Cara mengecek kredibilitas developer ini pun bisa dilihat dari testimoni properti pada tahun-tahun sebelumnya. 

Untuk pengalaman membeli rumah dengan nyaman dan aman, Anda bisa juga  memilih developer dari rekanan bank yang telah bekerja sama dengan pengembang tersebut. Ini tentu sangat mempermudah untuk Anda yang ingin membeli rumah dengan kredibilitas yang tinggi.

Memeriksa Legalitas Tanah

Saat memutuskan untuk kredit perumahan, Anda juga wajib memeriksa legalitas tanah dari perumahan tersebut. Mengecek status legalitas tanah kini bisa Anda lakukan dengan mendatangi Dinas Pertanahan setempat. Anda dapat memastikan asal usul status Hak Guna Bangunan (HGB) dari tanah perumahan yang digunakan oleh developer tersebut.

Survei Lingkungan Rumah

Banyak sekali penawaran KPR yang bisa ditemukan baik secara online maupun offline. Jika Anda telah menemukan hunian yang sesuai dengan keinginan Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan survei secara langsung.

Anda juga harus menelusuri langsung bagaimana keadaan lingkungan rumah seperti akses jalan, sarana publik, transportasi, dan lain-lain. Ini akan memudahkan Anda agar bisa beradaptasi dengan lingkungan ke depannya.

Memilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Anda tentunya sudah memiliki bagaimana desain hunian yang diimpikan untuk ditempati bersama pasangan Anda. Tak sedikit di antara mereka ingin memiliki rumah yang besar dan bagus.

Namun perlu disadari bahwa membeli rumah dengan sistem KPR tentu lebih baik dengan memilih rumah sesuai kebutuhan. Pada saat Anda memutuskan untuk membeli rumah melalui KPR, ingat bahwa kebutuhan saat ini adalah prioritas utama bagi Anda. Jadi, jangan terpaku dengan terus-terus mencari hunian yang mewah, besar, dan bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *