alat pencuci piring modern
Alat Pencuci Piring

Alat Pencuci Piring Modern Tampaknya Dapat Membantu Pelestarian Lingkungan

Mencuci piring mungkin merupakan aktivitas yang melelahkan dan berantakan, apalagi saat Anda sedang terburu-buru. Menggunakan alat pencuci piring modern dapat membantu Anda menghemat waktu dan energi sekaligus membantu lingkungan. Mesin pencuci piring tidak hanya membersihkan sisa makanan, tetapi juga menjaga kebersihan dapur dan membantu menjaga kesehatan lingkungan.

Efisiensi dalam Penggunaan Air

Alat pencuci piring modern menggunakan air jauh lebih sedikit dibandingkan mencuci piring dengan tangan, yang mana hanya menggunakan 9,5 liter, atau sekitar sepersepuluh dari jumlah saat menggunakan tangan. Mesin pencuci piring berlabel Energy Star dapat menghemat hingga 3.800 galon air selama masa pakai mesinnya, mengurangi pemborosan air dan memungkinkan untuk relokasi air untuk keperluan lain.

Menghemat Energi

Alat pencuci piring modern tidak hanya menghemat air tetapi juga hemat energi dengan memanfaatkan daya hemat energi. Mesin pencuci piring yang layak hanya menggunakan 1,02 kWH setiap siklus pencucian, yaitu sama dengan Rp 1.737. Hal ini mengasumsikan tarif listrik dasar sebesar Rp 1.699,53 per kWh.

Mesin pencuci piring juga dilengkapi mode Eco, yang memungkinkan penggunaan daya jauh lebih rendah (sekitar Rp 1.000).

Mengurangi Limbah

Penggunaan alat pencuci piring modern juga berkontribusi terhadap pengurangan limbah. Saat Anda mencuci piring dengan tangan, Anda lebih cenderung menggunakan barang sekali pakai seperti spons atau tisu untuk menyeka. Belum lagi sisa sabun mungkin semakin membahayakan beberapa organisme atau tanah.

Sedangkan mesin pencuci piring akan memanfaatkan air panas dengan suhu mencapai 70 derajat Celcius. Semburan air cukup kuat untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran piring dan peralatan makan. Mesin pencuci piring yang baik tidak hanya membunuh kuman dan bakteri, tetapi juga menghilangkan sisa bahan kimia dari sabun cuci piring.

Jadi, saat dihadapkan pada tumpukan piring kotor, sadarlah bahwa Anda mungkin masih bisa bermalas-malasan saat membantu menyelamatkan bumi. Selain itu, karena mesin pencuci piring tidak akan mengganggu waktu Anda, Anda dapat menggunakannya untuk streaming atau scrolling di Media Sosial sesuka hati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *