Ilustrasi ecommerce
E-Commerce

Mengenal Lebih Jauh integrated ecommerce platform, apakah sama dengan enabler ecommerce?

Kebutuhan akan belanja online semakin meningkat selama pandemi Covid-19. Hal itu karena berbagai kemudahan yang ditawarkan belanja online, termasuk salah satunya tidak perlunya pedagang dan pembeli bertemu secara langsung sehingga meminimalisir penyebaran virus.

Hal itu menyebabkan meningkatnya pula para pelaku usaha untuk bisa meng-online-kan usaha mereka. Peningkatan berjualan online menyebabkan lakunya integrated multi channel ecommerce platform yaitu sebuah platform yang menyediakan bantuan penuh atau sebagian untuk brand anda dalam melakukan penjualan berbasis teknologi atau ecommerce. Mungkin di Indonesia lebih dikenal sebagai enabler ecommerce. Sama atau beda, kita bahas sebentar lagi.

Apa itu platform ecommerce terintegrasi?

Platform ecommerce terintegrasi menggunakan sistem Enterprise Resource Planning atau ERP System untuk menggabungkan manajemen bisnis yang berbeda agar bisa bekerja sama jadi satu kesatuan yang terintegrasi. Fungsi-fungsinya ada banyak, diantaranya informasi teknologi, inventarisasi perangkat lunak, manajemen gudang dan fungsi sumber daya manusia yang dapat dikelola dan diselesaikan secara integral menggunakan ERP.

Ketika ERP dipasangkan dengan ecommerce, maka mereka bekerja sebagai satu kesatuan unit yang memudahkan anda mengelola e-commerce anda. Contohnya, ketika pelanggan anda menambahkan barang ke keranjang mereka lalu menyelesaikan proses check-out. Dengan adanya ERP akan mengirimkan surat elektronik kepada pelanggan tadi, menarik barang dari data ketersediaan barang anda, dan membuat label pengiriman barang tersebut.

Selain itu pelanggan pasti bisa  melacak sudah sampai mana barang belanjaan mereka diproses, mulai dari baru dikemas, diantarkan ke gudang, hingga dikirimkan ke rumah pelanggan. Hal itu karena adanya ERP ini, yang juga bisa membuat laporan seberapa jumlah keuntungan yang anda peroleh dari hasil transaksi tersebut. Itulah canggihnya integrated multi channel ecommerce platform.

Lalu apa itu enabler ecommerce?

Sedangkan untuk enabler ecommerce merupakan perusahaan pihak ketiga yang menjembatani antara anda sebagai pemilik usaha dengan konsumen anda. Beberapa jasa yang ditawarkan untuk membantu anda diantaranya konsultasi usaha, manajemen dan pengoperasian ecommerce, manajemen inventarisasi barang, manajemen konsumen, layanan pelanggan, digital marketing, warehousing, pemenuhan permintaan pemesanan, sistem teknologi yang mendukung ecommerce dan lain sebagainya.

Jasa-jasa tersebut bisa anda gunakan semuanya secara menyeluruh dengan kata lain menyerahkan pengoperasian usaha anda kepada mereka, atau anda bisa menggunakan beberapa jasa yang sesuai dengan kebutuhan anda saja, misal jasa gudang penyimpanan karena anda tidak punya tempat yang cukup untuk dijadikan gudang penyimpanan stok dagangan anda.

Jadi integrated multi channel ecommerce platform merupakan sebuah platform yang bisa menghubungkan antara berbagai platform bisnis anda mulai dari marketplace, situs web e commerce anda, hingga chat business seperti halnya WA bisnis menjadi satu kesatuan yang terintegrasi, sedangkan enabler ecommerce lebih kepada perusahaan yang menyediakan jasa platform ecommerce terintegrasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *