Ilustrasi atap
Bahan Bangunan

Ketahuilah Jenis-Jenis Genteng Ringan yang Patut Anda Coba

Ketika memilih rangka pembuatan atap rumah, tentunya diperlukan pertimbangan yang matang. Hal itu dikarenakan atap berfungsi sebagai pelindung seisi rumah dari kondisi cuaca yang tidak tentu. Jenis genteng ringan adalah salah satu yang banyak digunakan. Lantas apa sajakah jenisnya? Simak terus artikel ini.

Jenis Genteng Ringan

Berikut ini beberapa jenis genteng ringan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan:

  1. Genteng Baja Ringan Berbahan Metal

Genteng baja aringan sendiri tidaklah panas seperti yang menggunakan material metal lainnya sehingga sangat sesuai apabila disandingkan dengan penggunaan atap baja ringan juga. Material metal ini tentunya juga anti karat dan tahan lama. 

Genteng yang berbahan dasar metal ini ternyata telah dibuat dengan rangkaian teknologi yang canggih supaya bisa menghasilkan bahan yang tidak mudah untuk terbakar. Selain itu tentunya juga dapat membuat sirkulasi hunian Anda terasa lebih sejuk.

  1. Genteng Keramik

Selanjutnya yang akan dibahas adalah genteng keramik. Genteng keramik ini terbuat dari bahan dasar tanah liat. Walaupun tidak seringan genteng metal, tetapi genteng yang satu ini mempunyai ketangguhan tahan terhadap adanya benturan benda keras. Sehingga sesuai apabila ditempatkan di hunian Anda yang berlokasi di pesisir pantai ataupun wilayah dengan banyak pepohonan.

  1. Genteng Spandek

Genteng ringan selanjutnya dan yang tidak panas adalah material spandek. Genteng yang satu ini mempunyai daya serap yang tinggi serta bisa tahan lama atau awet. Bahkan material yang satu ini tergolong anti pecah serta minim terjadi ambruk di wilayah atap yang menggunakan genteng ini. Tentunya Anda tidak perlu khawatir terhadap adanya bahaya cuaca ekstrem karena genteng ini akan melindungi Anda.

  1. Genteng Baja Ringan Berbahan Aspal

Anda dapat memilih jenis genteng ringan ini karena mempunyai tekstur yang artistic serta tampilan yang doff. Aspal yang terkandung ke dalam genteng ini mempunyai campuran menarik, yaitu antara aspal, serat organic, resin, serta bubur kertas. 

Adanya lapisan resin menjadikannya salah satu bahan yang dapat membuat genteng mempunyai tingkat kebocoran yang rendah. Sehingga ketika datang musim hujan, Anda tidak perlu khawatir kalau akan ada kebocoran. 

Beberapa jenis dari genteng ringan tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda ketika memilih genteng yang cocok untuk hunian. Pastikan jangan sampai salah memilih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *