Ilustrasi Kalender Ovulasi
Kalender Ovulasi

Kenali Gejala Masa Ovulasi

Dalam dunia medis khususnya kebidanan atau obgyn, kalender ovulasi digunakan untuk mengetahui ovulasi. Ovulasi ini berkaitan dengan masa subur untuk menjalankan program kehamilan.  Agar lebih memahami tentang ovulasi dan kaitannya dengan peluang hamil,  simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Ovulasi

Berbicara tentang kalender ovulasi, tentunya akan berkaitan dengan proses ovulasi itu sendiri.  Lalu apa itu ovulasi?

Pada dasarnya ovulasi merupakan sebuah proses dimana sel telur matang yang berasal dari indung telur (ovarium) dikeluarkan menuju ke tuba falopi. Tujuannya adalah agar sel telur siap untuk dibuahi.

Bagi pasangan suami istri yang merencanakan atau mencegah kehamilan,  maka wajib rasanya untuk mengetahui tentang ovulasi ini.

Kenali Tanda Gejala

Untuk mengetahui masa ovulasi atau masa subur,  maka bisa menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan kalender ovulasi. Namun pastinya,  anda juga perlu mengenali tentang ciri atau gejala dari ovulasi ini.  Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  • Hasrat Seksual Meningkat

Ciri ovulasi yang pertama adalah meningkatnya hasrat seksual.  Umumnya seseorang yang sedang berada dalam masa ovulasi,  maka akan memiliki hasrat seksual yang cukup tinggi.  Namun tidak perlu khawatir karena hal ini memang terjadi secara alami.

  • Merasakan Nyeri Perut

Pada saat mengalami masa ovulasi,  biasanya wanita akan mengalami nyeri perut.  Nyeri perut ini sebenarnya terjadi pada ovarium.  Jika diraba,  maka nyeri akan terasa pada perut bagian bawah. Dan biasanya nyeri perut ini akan disertai dengan rasa pegal dan panas pada area pinggang.

  • Mengalami Keputihan

Semua wanita pasti pernah mengalami yang namanya keputihan. Keputihan ini biasanya terjadi sebelum atau sesudah masa haid.  Apa kaitannya keputihan dengan masa ovulasi atau masa subur?

Perlu diketahui bahwa tidak semua keputihan menandakan masa ovulasi.  Keputihan bisa berupa putih kental maupun putih encer. Dan masa ovulasi ini bisa ditandai dengan keputihan yang encer dan bening seperti putih telur.

  • Suhu Basal Meningkat

Masa ovulasi bisa dilihat ketika tubuh sedang beristirahat. Caranya adalah mengukur suhu dengan termometer khusus.  Suhu ini disebut dengan suhu basal dimana umumnya ketika sedang berada dalam masa kalender ovulasi,  suhu basal akan meningkat.

Itulah tadi beberapa gejala tentang ovulasi. Semoga bisa menjadi wawasan bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *