Kesehatan

Cara Mengetahui Kesuburan Organ Reproduksi

Tes Kesuburan rahim merupakan hal yang penting untuk dilakukan.  Terutama bagi pasangan suami istri yang ingin merencanakan program kehamilan.  Lalu apa itu tes kesuburan?  Dan apa manfaatnya?  Simak penjelasan berikut ini.

Pentingnya Melakukan Tes Kesuburan

Pada dasarnya Tes Kesuburan merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Hal ini karena kesuburan menjadi salah satu faktor yang penting untuk dipantau.  Khususnya bagi pasangan yang sudah menikah. Mengapa begitu?

Organ reproduksi adalah salah satu organ yang terbilang penting.  Tak hanya untuk wanita saja namun juga untuk pria.  Ketika organ reproduksi subur,  maka akan mempermudah dalam proses pembuahan sel telur sehingga untuk melakukan program kehamilan tentu akan lebih mudah.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa keberhasilan sebuah kehamilan tergantung dari kesuburan pihak wanita.  Padahal anggapan tersebut tidaklah benar.  Peluang terjadinya kehamilan bisa lebih besar jika wanita dan pria sama – sama subur.

Hal ini berarti, tak hanya wanita saja yang perlu melakukan pengecekan kesuburan organ reproduksi.  Karena bisa saja keduanya memiliki masalah pada organ reproduksi.

Seperti wanita yang mengalami infeksi, kelainan hormon maupun penyakit dan masalah lainnya yang membuat sel telur sulit untuk dibuahi.  Sementara pria bisa saja memiliki sperma yang kurang berkualitas sehingga tidak mampu membuahi sel telur.

Beberapa Cara Mengetahui Kesuburan

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kesuburan organ reproduksi sangat menentukan tingkat keberhasilan kehamilan.  Jika ingin melakukan Tes Kesuburan rahim  maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan,  antara lain :

  • Menggunakan Test Pack Ovulasi

Cara mengetes kesuburan yang pertama yaitu dengan menggunakan ovulation test pack.  Cara ini terbilang akurat yaitu mencapai 98%. Namun alat test pack ini hanya bisa dilakukan sekali.

  • Mengukur Suhu Basal

Ketika tubuh sedang beristirahat disebut dengan suhu basal.  Suhu basal ini bisa berkurang dan meningkat saat menstruasi atau haid.

Agar bisa mendapatkan hasil akurat, lakukan pengukuran tersebut suhu tubuh basal ini setiap hari khususnya selama siklus haid. Dimulai dari hari pertama haid sampai dengan hari pertama haid berikutnya.

  • Cek Lendir Serviks

Cara mengetahui masa subur yang terakhir yaitu dengan mengecek lendir serviks.  Ketika sedang dalam masa subur,  biasanya di area kewanitaan terdapat lendir. Jika tidak ada,  artinya sedang tidak berada dalam masa subur.

Itu tadi informasi mengenai cara mengetahui kesuburan.  Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *