Ilustrasi pembangunan
Bahan Bangunan

Kenali Keunggulan Rangka Baja

Rangka baja mulai dipertimbangkan untuk digunakan menjadi rangka atap bangunan, menggantikan kayu dan bahan lainnya. Terutama rangka baja ringan jakarta yang memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan bahan material atap dari baja konvensional maupun kayu. Berikut beberapa diantaranya. 

Tahan Rayap dan Tahan Cuaca

Baja ringan itu tahan rayap dan juga yang telah diberi pelapis menjadi anti keropos, anti karat juga lebih tahan cuaca. Dengan begitu maka bisa lebih awet dan tahan lama hingga panjang usia pakainya.

Ringan Bobotnya

Baja ringan mudah dipindah-pindahkan karena bobotnya tidak berat sehingga akan mempermudah pemasangan dan bisa menghemat waktu. Bobot berat atap baja ringan hanya sekitar 9 kg / m2.

Bersifat Lentur

Dari segi tingkat kelenturan, maka baja ringan jauh lebih lentur daripada baja konvensional. Tingkat Tegangan tarik baja ringan mampu mencapai hingga sekitar 550 Mpa, skor ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat tegangan baja konvensional yang hanya di kisaran 300 Mpa. Jadi meski kuat dan kokoh namun baja ringan ini lentur dan dapat menyerap energi dalam jumlah yang lebih besar. Selain lentur baja ringan juga mudah dibentuk dan disambung.

Awet Berdaya tahan dalam jangka yang panjang

Selain karena tahan cuaca, baja ringan jakarta kualitas daya tahannya sangat baik karena tidak mudah lapuk juga tidak akan mengalami penyusutan.

Bahan Material yang Ramah Lingkungan

Baja ringan itu bisa didaur ulang. Jadi akan mengurangi wasting material dan ramah lingkungan. Jadi apabila suatu saat rangka atap baja ringan tersebut dibongkar maka jangan langsung dibuang karena masih memiliki nilai jual dan bisa dipergunakan kembali atau didaur ulang sebagai bahan  konstruksi bangunan lagi, atau untuk keperluan lainnya.

Mudah Diperoleh

Bahan baja ringan juga mudah didapatkan. Sudah tersedia di pasaran dalam berbagai ukuran. Bisa dibeli sesuai dengan kebutuhannya. Harganya juga relatif murah karena bervariasi merk dan kualitasnya, tinggal pilih sesuai anggaran yang tersedia.

Mudah Dipasang

Baja ringan jakarta bisa disambung dengan menggunakan baut besi, atau sekrup, atau keling, atau bisa juga dengan cara dilas.

Dengan berbagai keunggulannya tersebut maka tak heran jika banyak yang mulai melirik dan mulai menggunakannya sebagai atap rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *