Ilustrasi kehamilan
Kehamilan

Ingin Program Hamil? Sisipkan Pendapatan untuk Membayar Biaya Tes Kesuburan yang Akurat

Bagi pasangan yang sudah lama menikah, namun sampai saat ini belum dikarunia momongan wajar merasa panik dan insecure. Akan tetapi, ada baiknya Anda menyiapkan biaya tes kesuburan wanita untuk mengetahui penyebabnya secara pasti. Tes tersebut bisa membantu untuk menemukan titik masalah baik pada pria atau wanita, kemudian baru diusahakan solusi terbaik. 

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Tes Kesuburan

Sebelum Anda melakukan tes kesuburan, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan. Bagi wanita dianjurkan untuk menyiapkan catatan seputar siklus haid secara berkala. Catatan haid tersebut akan lebih mudah membantu dokter untuk melakukan analisis serta solusi terbaik tes kesuburan yang perlu dilakukan. Dengan begitu, dokter akan lebih mudah dalam mendiagnosa titik masalah yang menganggu kesuburan. 

Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Tes Kesuburan?

Lazimnya, tes kesuburan terkadang dijalani oleh pasangan yang akan melakukan pernikahan atau pasangan yang sudah lama menikah, namun tidak kunjung memiliki momongan. Ada beberapa kondisi lain yang mendorong Anda perlu melakukan tes kesuburan, yaitu sebagai berikut. 

  • Ada masalah fisik. Masalah fisik yang dimaksud seperti tidak dapat melepaskan sperma, mengalami cedera atau trauma pada testis dan skrotum atau mungkin masalah sekresi. 
  • Wanita mengalami masalah fisik seperti sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak berovulasi. 
  • Wanita mengalami riwayat kehamilan ektopik, keguguran yang terjadi secara berulang-ulang, penyakit radang panggul, masalah tiroid dan lain-lain. 
  • Wanita yang sudah berusia 30 tahunan, belum menggunakan alat KB selama 6 bulan tetapi belum hamil. 
  • Wanita yang berusia 20-30an belum menggunakan alat kontrasepsi selama setahun lebih dan belum bisa hamil. Jika Anda atau pasangan memiliki masalah-masalah diatas, maka bisa persiapkan biaya tes kesuburan untuk mengetahui penyebabnya secara langsung. 

Bagaimana Cara Mengatasi Gangguan Kesuburan?

Jika Anda telah menjalani serangkaian tes kesuburan dan mendapatkan diagnosis tertentu, maka dokter akan merekomendasikan beberapa cara untuk mengatasi gangguan kesuburan. Penanganan gangguan kesuburan tidak selalu berhasil, karena dalam proses penanganannya memperhatikan hal-hal penting berikut ini. 

  • Penyebab yang menyertai terjadinya gangguan kesuburan.
  • Berapa lamanya pasangan mengalami ketidaksuburan.
  • Usia Anda dan juga pasangan.

Selain akan dilakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi, dokter akan menyarankan untuk melakukan bayi tabung jika misalnya tidak memungkinkan untuk hamil secara alami. Namun, perlu Anda ketahui menangani gangguan kesuburan akan melibatkan banyak biaya tes kesuburan, kondisi psikologis serta waktu. Prosesnya juga tidak bisa instan, ada pasangan yang berhasil melakukannya dalam satu kali dan ada juga yang harus mencobanya berulang kali. 

Oleh sebab itu, tiap pasangan yang berencana melakukan program kehamilan perlu memiliki kesiapan finansial, kondisi fisik dan psikis yang memadai serta tingkat kesabaran yang tinggi. Banyak pasangan yang akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan program kehamilan karena ketidaksiapan mental dan tidak sabar dalam menikmati setiap proses yang ada. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *