ilustrasi kapasitas genset
Genset

Cara Menghitung Daya Kapasitas Genset

Untuk menghitung besarnya daya kapasitas genset, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Dimana genset merupakan sebuah kebutuhan primer bagi sebuah perusahaan atau organisasi tertentu untuk menjalankan usahanya, dengan daya kapasitas yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, agar daya tidak berlebih atau kekurangan harus diperhitungkan terlebih dulu kapasitasnya.

3 Cara Menghitung Daya 

Apabila Anda membutuhkan sebuah genset dan belum bisa menghitung dengan tepat kebutuhan daya kapasitasnya, ada beberapa cara untuk menghitungnya. Antara lain:

  1. Menggunakan kVA

Cara pertama untuk menghitung bisa menggunakan kVA, yaitu dengan perhitugan cost faktor 1 kVA sama dengan 0,8 kw atau sama juga dengan 800 watt. Dengan berpatokan pada hitungan tersebut, Anda bisa menghitung berapa kapasitasnya. Dimana kVA adalah satuan daya semu atau daya nyata ditambah power.

  1. Menghitung Pemakaian Bahan Bakar

Berikutnya adalah dengan menghitung pemakaian bahan bakar, selain menghitung daya kapasitasnya secara khusus. Tujuannya sudah pasti untuk menghemat bahan bakar dan juga membuat genset tersebut bekerja dengan maksimal. Caranya adalah dengan menggunakan rumus k x P x t. dimana k adalah ketetapan konsumsi solar, P adalah daya genset dan t adalah waktu.

  1. Menghitung Kebutuhan Daya Genset

Setelah itu adalah menghitung kebutuhan daya genset, dimana ketentuan rumus yang digunakan adalah beban terpasang dikali faktor kebutuhan dan juga dikali backup dalam menghitung genset tersebut.

Faktor Penting Dalam Menghitung Daya Genset

Setelah mengetahui beberapa cara menghitung kebutuhan dan penggunaan daya genset, ada beberapa faktor penting juga yang harus diketahui. Diantaranya seperti :

  1. Perhatikan Daya Listrik

Dalam menggunakan genset, tentunya yang harus diperhatikan adalah daya listrik yang digunakan.

  1. Pada Mesin Genset Hanya Ada satuan kVA yang Digunakan

Berdasarkan cara menghitung kapasitas daya genset, diketahui hanya terdapat satuan kVA yang digunakan. Sehingga, semuanya mengacu pada satuan tersebut.

  1. Kapasitas Bergantung Pada Kebutuhan

Kapasitas sebuah genset memang sangat bergantung pada kebutuhan dari daya yang akan Anda gunakan dari genset tersebut. Sehingga, harus diketahui terlebih dulu kebutuhan Anda untuk menghitung kapasitasnya.

  1. Satuan kVA Mengacu Pada Kapasitas Daya Watt

Diketahui satuan kVA juga mengacu pada kapasitas daya watt, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.   

Jika sudah mengetahui semua hal yang berkaitan dengan kapasitas genset, maka Anda bisa menentukan sendiri apa kebutuhannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *