pemetaan persil tanah
Pertanahan

Apa Itu Pemetaan Persil Tanah ? Begini Penjelasannya

Untuk membangun suatu gedung salah satu syarat untuk mengetahui luas tanah adalah dengan melakukan pemetaan persil tanah. Namun sebenarnya tak hanya itu saja lho yang dihasilkan dari proses pemetaan persil.

Pengertian Pemetaan Tanah

Banyak orang hanya mengetahui pemetaan persil tanah tanpa mengetahui pengertian dari kegiatan tersebut. Secara umum kegiatan pemetaan persil adalah sebuah proses pemetaan yang nantinya akan mendapatkan hasil atau data.

Data ini bisa berupa bentuk bangunan seperti sekolah, kantor, instansi, yayasan sosial ataupun lainnya. Proses pemetaan persil tanah juga masuk di dalam proses ini lho.

Manfaat melakukan pemetaan persil tanah

Melakukan pemetaan persil sebenarnya memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Namun apakah kalian tahu apa saja manfaat tersebut ? Jika belum, maka penjelasan yang ada di bawah ini bisa kalian baca untuk menambah wawasan.

  1. Mengukur perbedaan tinggi tanah

Manfaat yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan tinggi sebuah permukaan tanah. Dimana hal ini akan menguntungkan bagi pemilik proyek pembangunan gedung.

Pasal Hanya dengan mengetahui titik perbedaan tinggi tanah akan mempermudah pekerjaan proyek untuk menguruk atau menggali tanah tersebut. Meski begitu sebenarnya hal ini juga bisa diterapkan dalam pembangunan sebuah jalan.

Dimana nantinya ketika titik perbedaan ukuran tanah sudah diketahui. Maka proses pemerataan bisa lebih mudah dilakukan. Tujuannya adalah ketika jalan tersebut jadi, kenyamanan dan keamanan pengguna akan lebih mudah dapatkan.

Hasil perbedaan tinggi tanah akan lebih mempermudah pengerjaan proyek irigasi. Tentunya kalian juga tahu jika proses jalannya air akan lebih mudah ketika dari tempat tinggi ke tempat rendah.

Nah dengan mengetahui perbedaan tinggi tanah akan lebih mempermudah keberlangsungan pengerjaan proyek irigasi.

  1. Mengetahui luas sebuah tanah

Badan milik pemerintah atau instansi khusus bidang pertanahan akan melakukan pemetaan tanah untuk mendapatkan hasil luas dari tanah tersebut. Dimana nantinya dengan data luas juga akan berpengaruh terhadap biaya pajak yang dibebankan kepada pemilik.

Tentunya tak hanya dua manfaat saja yang bisa dihasilkan oleh kegiatan pemetaan persil tanah. Masih banyak lho sebenarnya manfaat yang bisa diberikan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *