penerapan ecommerce warehouse management untuk perusahaan atau toko besar
Ecommerce

Berapa Harga Jasa Ecommerce Warehouse Management?

Majunya teknologi membawa banyak keuntungan dan juga kerugian bagi manusia. banyak yang merasa terbantu dengan penerapan teknologi di hampir seluruh aspek, namun tak jarang ada yang merugi.

Akan tetapi, dalam dunia bisnis terlihat bahwa teknologi memberikan keuntungan besar bagi para pelakunya, seperti dengan penerapan ecommerce warehouse management system.

Sejarah

Bagaimana awal mula munculnya ecommerce warehouse management

Konsep dari sistem pergudangan telah ada sejak jaman Mesir Kuno, dimana para penduduk mencari cara untuk mengatur hasil panen padi dari sawah. Semakin berkembangnya jaman, konsep dasar inventaris pergudangan tidak berubah banyak.

Masuk ke abad 19, penggunaan jalur kereta untuk mengantarkan barang dalam jarak yang jauh mulai meningkat. Perusahaan yang menaungi seringkali memonopoli dalam urusan penyimpanan dan pengiriman barangnya.

Setiap barang yang sampai ke terminal kemudian akan dibawa dan selesaikan secara manual.

Pada era perang dunia I, penggunaan truk memberi kemudahan dalam memindahkan barang. Biasanya, barang-barang sering tertinggal tanpa kategori dan rentan tak terkirim.

Seluruh barang akan ditumpuk hingga tinggi dan meninggalkan sedikit ruang untuk variasi lainnya. Hal ini menyulitkan ketika menghitung dan memantau barang.

Selama perang dunia II mulailah berkembangnya mesin forklift dan palet kayu yang diciptakan untuk setiap barang di penyimpanan dan pergudangan bisa lebih fokus dalam melacak inventaris.

Di sini mereka sudah mulai menggunakan komputer bersistem AS/RS yang mana memudahkan dalam pencatatan seluruh data barang di gudang.

Sistem AS/RS dinilai terlalu kuno dan biaya penyimpanan yang mahal, sehingga penggunaannya mulai digantikan pada tahun 1990-an dengan menggunakan sistem berbasis database.

Teknologi komputer mulai berkembang pesat di awal 2000-an dan tipe baru untuk mengatur sistem pergudangan juga kian variatif. Hingga sekarang, ecommerce warehouse management semakin inovatif dan mengandalkan koneksi internet.

Berapa Biaya Sistem Tersebut?

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan sistem tersebut?

Untuk manajemen ini bisa digunakan baik bagi usaha besar maupun menengah, yang disebut sistem adalah aplikasinya. Biaya aplikasi dari tiap jasa berbeda-beda, tergantung fitur apa yang akan Anda dapatkan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jasa yang menawarkan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah untuk penyewaan perbulan.

Beda lagi dengan toko besar yang butuh penyimpanan di sebuah gudang. Perusahaan juga perlu menyewa gedung, jasa packing, jasa palet, pick up dan sebagainya yang tarifnya sendiri bisa dipatok perminggu atau perbulan.

Tarif penyewaan gedung akan dihitung dari berapa banyak ruang yang terpakai atau tingginya kontainer yang tarifnya bisa dipatok mulai satu jutaan per minggunya, belum lagi jasa lain yang dihitung per barang.

Menerapkan sistem seperti ini memang lebih cocok untuk perusahaan atau toko besar dengan penghasilan yang sudah menyentuh angka miliar.

Demikian penjelasan sejarah dan biaya untuk sistem ecommerce warehouse management. Tertarik menggunakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *