Ilustrasi pemetaan lidar survey
Lidar Survey

Apa Itu Lidar Survey ? Ini Penjelasannya

Pemetaan sebuah area memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan lidar survey. Ya saat ini pemetaan dengan bantuan drone ini tampak begitu banyak digunakan. Mungkin kalian juga belum tahu tentang pemetaan lidar. Artikel ini akan memberikan penjelasan selengkapnya tentang pemetaan lidar.

Apa itu lidar survey

Kemajuan teknologi memang selalu bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya dalam dunia pemetaan. Dimana nantinya para petugas pemetaan bisa menggunakan lidar sebagai metode.

Pemetaan ini juga lebih kerap disebut dengan lidar surveyyang memanfaatkan sebuah laser. Hasil yang didapatkan dari proses pemetaan lidar adalah sebuah data 2d dan 3d. Namun proses pemetaan lidar ini juga membutuhkan bantuan sebuah drone dalam pelaksanaannya.

Cara kerja lidar survey

Seperti yang dijelaskan jika pemetaan lidar memang membutuhkan bantuan sebuah drone. Nah lantas bagaimana sih sebenarnya cara kerja dari pemetaan lidar tersebut. Sebuah sistem dan juga sensor akan mengirimkan banyak cahaya ke tanah. Nantinya laser pulse tersebut akan memantulkan sebuah sensor yang datang dari target.

Lidar mampu memberikan ribuan pointcloud dalam hitungan detik dan drone akan mampu memberikan sebuah poinclod yang hampir mirip dengan kondisi nyata.

Alasan kenapa lidar survey itu penting

Bukan tanpa alasan survey menggunakan lidar masih banyak digunakan. Pasalnya drone yang digunakan pemetaan lidar memang bisa memberikan keakuratan DTM. Selain itu drone yang digunakan untuk survey memang bisa memiliki jangkauan yang lebih luas.

Sehingga memungkinkan untuk mendapatkan cakupan yang lebih luas. Untuk masalah harga sekalipun, peralatan dari pemetaan lidar juga semakin terjangkau. Namun untuk permasalahan harga jasa tetap saja bersaing.

Meski begitu saat ini sudah banyak ditemukan sebuah jasa yang memberikan pelayanan untuk pemetaan lidar juga sudah banyak. Maka dari itu kalian bisa lebih mudah untuk memilihnya. Terakhir adalah hasil data yang didapatkan terlihat lebih fleksibel untuk diolah kembali dibandingkan teknik pemetaan lainnya.

Nah dengan membaca beberapa penjelasan tentang lidar survey. Tentunya kalian akan semakin tahu dan bisa menggunakan pilihan lidar sebagai pemetaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *